Powered By Blogger
Peace Monkey
RSS

Gunung Pasaman

Gunung Pasaman adalah gunung yang terletak di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat, berdampingan dengan Gunung Talamau. Gunung ini termasuk dalam tipe gunung api tidak aktif, dikenal juga dengan nama Puncak Rajo Imbang Langik, diambil dari nama raja yang pernah berkuasa di daerah tersebut pada zaman dahulu.
Gunung Pasaman (2.174 mdpl) adalah gunung  yang terletak di Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat, berdampingan dengan Gunung Talamau. Secara geografis Kabupaten Pasaman Barat terletak di antara 00° 33’ LU sampai 00° 11’ LS dan 99° 10’BT sampai 100° 04’BT . Gunung ini
termasuk dalam tipe gunung api tidak aktif, dikenal juga dengan nama Puncak Rajo Imbang Langik, diambil dari nama raja yang pernah berkuasa di daerah tersebut pada zaman dahulu.
Gunung pasaman masih memiliki hutan tropis yang sangat bagus serta pemandangan karena gunung ini langsung menantang laut yang berada dihadapan gunung ini dan juga barisan tanaman sawit yang tumbuh rapi di areal kakinya. Areal kaki gunung sampai pintu rimba banyak digunakan oleh penduduk sebagai lahan pertanian khususnya tanaman sawit dan cokelat. Saat musim hujan kita juga dapat melihat air terjun pada punggungan gunung pasaman dari kaki gunung yang jalur menuju kesana belum ada.
Gunung pasaman ini jalur pendakianya dimulai dari ketinggian 490 mdpl hingga 2174 mdpl. Dibagian kaki gunung di penuhi perkebunan kelapa sawit, cacao, alpukat, nilam, dan pinang. Perkebunan memang sudah menyentuh batas akhir hutan lindung gunung pasaman. Untuk mencapai akses terakhir dari desa terakhir cukup lumayan jauh kira kira ±1500 m Karena jalan untuk kendaraan bermotor sangat tidak layak. Dari jalur pendakian ekspedisi ini puncak gunung pasaman dilalui dari arah barat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar